Contoh-contoh deskripsi atau narasi atau catatan di raport pada tingkat SD/MI, SMP/ MTs dan SMA/MA pada kurikulum 2013
Menulis
komentar di raport sama susahnya dengan bersikap obyektif dalam keseharian
dengan siswa. Saat menulis komentar di raport, guru sebenarnya bisa berbicara
lebih dalam dari hanya sekedar berbicara soal nilai. Boleh saja dalam hal
pengetahuan seorang siswa mendapat nilai 9, tetapi bagaimana menggambarkan dan
menyampaikan kemampuan ia dalam bekerja sama, cara ia menangani masalah di
kelas sampai bagaimana ia bersosialisasi dalam keseharian dikelas?
Padahal sebagai pendidik kita semua percaya bahwa kemampuan kerja sama
dan ‘life skills’ lain yang akan membuat siswa sukses di masa depan. Bagaimana
juga menyampaikan bagaimana seorang siswa yang mempunyai masalah perilaku di
kelas, namun sebagai guru kita tetap menghargai usaha kerasnya untuk berubah
dan tetap mencari ‘apa hal yang positif dari anak ini?’ Berikut ini adalah
contoh komentar, kesemua nama menggunakan nama Zaenudin untuk menyamarkan,
mudah-mudahan berguna untuk anda
Untuk
siswa yang sudah baik dan memenuhi harapan guru
Zaenudin mempunyai komitmen yang tinggi untuk bekerja dengan teliti dan
menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas
dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan,
hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat
baik. Ia selalu berusaha untuk positif, senang bekerja sama dengan orang lain,
mandiri dalam mengerjakan tugas serta mempunyai standar di atas rata-rata
kelas. Zaenudin mampu memusatkan perhatiannya dengan baik
bila guru menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat memahami dan menguasai
konsep-konsep baru yang diajarkan. Pertahankan antusiasme belajarmu di
kelas 4, Zaenudin!
Zaenudin mempunyai kemampuan, komitmen dan motivasi yang tinggi untuk
menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan
tepat waktu. Ia juga mempunyai standar yang tinggi terhadap pekerjaannya. Ia
dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan
sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Zaenudin sudah
mulai menggunakan kemampuan pemecahan masalahnya yang diatas rata-rata dalam
presentasi dan kerja kelompok. Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam
mengerjakan tugas serta dapat menunjukkan keterampilan kepemimpinan sekaligus
menjadi anggota tim yang baik dalam kelompok kecil dan besar.
Zaenudin mempunyai komitmen yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien
sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan
menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain
untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Keterampilan pemecahan masalahnya
pun di atas rata-rata. Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan tugas
dan dapat menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang baik dalam kelompok
kecil dan besar. Ia juga secara konsisten dapat menggunakan keterampilan
berkomunikasi lisannya dengan baik saat berdiskusi atau mempresentasikan hasil
risetnya, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
Untuk
siswa yang perlu perhatian untuk kinerja di tahun depan
Zaenudin menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk
menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu, bahkan terkadang lebih
cepat dari temannya. Namun agar hasilnya lebih maksimal ia perlu lebih
berhati-hati dan memeriksa kembali pekerjaannya sebelum menyerahkan kepada
guru. Zaenudinmampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan
pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil
risetnya. Dalam pelajaran Matematika, Zaenudin masih
membutuhkan waktu lebih banyak dalam memahami konsep-konsep baru. Diharapkan Zaenudin dapat lebih tenang dan teliti saat
mengerjakan soal, dengan membaca dan mendengarkan instruksi yang
diberikan secara hati-hati. Pada Term 4 ini sebenarnya Zaenudin bisa lebih menguasai pembelajaran jika ia
bisa lebih konsisten untuk datang dengan tepat waktu di sekolah. Semoga di
Kelas 4 nanti hal ini bisa lebih mendapat perhatian.
Zaenudin adalah seorang siswa yang punya jiwa artistik. Walupun masih sedikit
senang melamun, Zaenudin mulai terlihat
antusias baik saat berdiskusi maupun saat melakukan kegiatan eksperimen.
Kemampuannya dalam memahami bacaan dan menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan bacaan mengalami peningkatan, namun ia masih perlu banyak berlatih untuk
menuangkan ide-idenya secara lebih sistematis dan berkonsentrasi dengan
pekerjaan. Dalam pelajaran Matematika, Zaenudin diharapkan
dapat meningkatkan komitmennya untuk lebih serius dan fokus saat mengerjakan
tugas di kelas dan tidak mudah menyerah serta mau bertanya saat menghadapi
soal-soal yang menurutnya sulit.
Siswa
yang melalui tahun ini dengan kerja keras dan butuh dukungan
Zaenudin mulai aktif memberikan idenya saat diskusi kelas dan kelompok. Dalam
kegiatan bekerja dengan kelompok, ia selalu berusaha keras untuk menjadi
anggota tim yang baik. Zaenudin sangat menikmati pelajaran Matematika. Dalam
pelajaran tersebut Zaenudin dapat menunjukkan partisipasi aktif dan cepat
menguasai konsep baru. Sayangnya dalam pelajaran lain Zaenudin terkadang belum
memberikan potensi terbaiknya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia Zaenudin masih mengalami kendala
mengemas informasi ke dalam bentuk tulisan. Zaenudin diharapkan dapat
memusatkan perhatiannya dengan lebih baik bila guru menjelaskan suatu materi.
Agar bisa sukses di kelas 4 nanti, Zaenudin perlu berkomitmen untuk
menyelesaikan tugas tepat waktu, berlatih terus memperbaiki tulisan
tangannya serta menggunakan waktu secara efektif untuk hasil belajar yang lebih
maksimal.
Siswa
yang mengalami peningkatan pesat di cawu ini
Di Term 4 ini Zaenudin mulai menunjukkan
komitmen untuk berkonsentrasi dan tidak mudah membiarkan orang lain mengalihkan
perhatiannya saat mengerjakan tugas. Ia mampu mengumpulkan informasi,
memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat
menyampaikan hasil risetnya. Dalam pelajaran Bahasa Inggris Zaenudin sangat
pesat peningkatannya, terutama dalam tata bahasa Inggris. Selamat Zaenudin,
pertahankan prestasimu di kelas 4 nanti!
Zaenudin menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk
menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu. Ia mampu mengumpulkan
informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada
saat menyampaikan hasil risetnya. Zaenudin terampil memimpin rekannya dalam
kelompok kecil dan besar, namun harus lebih memusatkan perhatiannya
dengan baik bila guru sedang menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat
memahami dan menguasai konsep-konsep baru yang diajarkan. Dalam pelajaran
Bahasa Inggris, Zaenudin juga sangat pesat peningkatannya. Selamat Zaenudin,
pertahankan prestasimu di kelas 4!
Contoh pengisian dalam pormat
raport SD/MI tahun Pelajaran 2014/2015
No comments