SISTEMATIKA BUKU 1 KTSP MADRASAH
BUKU 1
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
..................................................................................................
|
i
|
||
KATA PENGANTAR
....................................................................................................
|
ii
|
||
LEMBAR PENGESAHAN
.............................................................................................
|
iii
|
||
DAFTAR ISI
................................................................................................................
|
iv
|
||
DAFTAR TABEL
..........................................................................................................
|
v
|
||
DAFTAR LAMPIRAN
..................................................................................................
|
vii
|
||
BAB
|
I
|
PENDAHULUAN
......................................................................................
|
1
|
A.
|
Latar Belakang
........................................................................................
|
1
|
|
B.
|
Landasan Hukum
....................................................................................
|
3
|
|
C.
|
Tujuan Penyusunan
................................................................................
|
5
|
|
D.
|
Prinsip-Prinsip Penyusunan
KTSP ...........................................................
|
7
|
|
E.
|
Acuan Operasional KTSP
........................................................................
|
12
|
|
F.
|
Kondisi Madrasah
..................................................................................
|
14
|
|
1. Analisis Lingkungan
Internal............................................................
2. Analisis Lingkungan Eksternal .........................................................
|
|||
BAB
|
II
|
VISI, MISI DAN TUJUAN
..........................................................................
|
19
|
A.
|
Tujuan Pendidikan Nasional
...................................................................
|
19
|
|
B.
|
Visi Madrasah
.........................................................................................
|
||
C.
|
Misi Madrasah
........................................................................................
|
20
|
|
D.
|
Tujuan Madrasah
....................................................................................
|
20
|
|
BAB
|
III
|
MUATAN KURIKULER
..............................................................................
|
21
|
A.
|
Struktur Kurikulum
.................................................................................
|
21
|
|
1. Struktur Kurikulum 2013
...................................................................
|
21
|
||
2. Struktur Kurikulum 2006
...................................................................
|
21
|
||
B.
|
Muatan Kurikulum ..................................................................................
|
22
|
|
1. Mata Pelajaran
..................................................................................
|
22
|
||
2. Muatan Lokal
.....................................................................................
|
41
|
||
3. Pengembangan Diri
...........................................................................
|
43
|
||
a) Kegiatan Pelayanan Konseling
...................................................
|
43
|
||
b) Kegiatan Ekstrakurikuler ............................................................
|
43
|
||
c) Pembiasaan
...............................................................................
|
43
|
||
4. Ketuntasan Belajar
............................................................................
|
43
|
||
5. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
...........................................................
|
45
|
||
6. Peminatan dan atau Penjurusan
.......................................................
|
49
|
||
7. Pendidikan Kecakapan Hidup
............................................................
|
50
|
||
8. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
...........................
|
50
|
||
9. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
................
|
|||
BAB
|
IV
|
PENGATURAN BEBAN BELAJAR ...................................................
|
52
|
A.
|
Beban Belajar
..........................................................................................
|
52
|
|
B.
|
Beban Belajar Tambahan
........................................................................
|
55
|
|
BAB
|
V
|
KALENDER PENDIDIKAN ...............................................................
|
56
|
A.
|
Permulaan Tahun Pelajaran
...................................................................
|
58
|
|
B.
|
Pengaturan Waktu Belajar
Efektif ..........................................................
|
59
|
|
C.
|
Pengaturan Waktu Libur
........................................................................
|
60
|
|
BAB
|
VI
|
PENUTUP
................................................................................................
|
61
|
DAFTAR TABEL
1. Tabel ..?............................................................................................................ 2. Tabel ?..., ..................................................................................................... DAFTAR LAMPIRAN |
3 5 |
||
1
|
SK Tim Pengembang Kurikulum
dan lampirannya berupa Susunan Tim Pengembang Kurikulum Madrasah (TPKM)
|
||
2
|
SK Penetapan Mulok dan
lampirannya Jenis Muloknya apa saja
|
||
3
|
SK Penetapan Ketuntasan
Belajar/KKM dan lampirannya Berupa KKM
|
||
4
|
SK Penetapan Kegiatan Ko
Kurikuler dan Ekstrakurikuler dilengkapi dengan Program, Nama Pembina, Waktu
dan Tempat Kegiatan Berlangsung
|
||
5
|
Daftar Hadir dan Berita
Acara Kegiatan Workshop Penyusunan KTSP
|
||
6
|
Daftar Hadir dan Berita
Acara Kegiatan Penetapan Mulok
|
||
7
|
Dokumen lainnya yang
dianggap perlu
Catatan : Agar pada BAB I Butir F agar di lengkapi lagi:
F. Kondisi Madrasah:
a)
Analisis Lingkungan Internal merupakan uraian kondisi madrasah yang mencerminkan
kekuatan dan kelemahan madrasah, meliputi:
(1) Identitas
madrasah (Kode registrasi madrasah, Nama resmi madrasah, SK Pendirian,
Akreditasi;
(2) madrasah,
Alamat lengkap madrasah, Identitas Kepala madrasah, Komite madrasah, Rekening
Bank, dll)
(3) Data
Kepemilikan lahan, bangunan dan sarana prasarana
(4) Rekapitulasi
Data Siswa (3 tahun terakhir)
(5) Profil
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
(6) Rekapitulasi
Data Orang tua siswa meliputi pekerjaan, pendidikan, penghasilan
(7) Data
tamatan (3 tahun terakhir)
(8) Prestasi
madrasah (3 tahun terakhir)
(9) Struktur
Organisasi
b)
Analisis
Lingkungan Eksternal merupakan uraian kondisi madrasah yang mencerminkan peluang dan
tantangan madrasah. Analisis lingkungan eksternal meliputi analisis terhadap :
(1) Kondisi
Geografis
(2) Kondisi
Sosiologis
(3) Kondisi
Demografi
|
No comments