INFORMASI

INFORMASI

GURU PROFESIONAL DAN KREATIF ADALAH AGEN PERUBAHAN BANGSA


Topik Bulan Agustus-September ‘Persiapan Tahun Ajaran Baru 2012-2013

Kata ‘persiapan’ adalah kata yang paling penting dalam rangka menjadi pendidik yang reflektif dan senang berubah ke arah yang lebih baik. Kali ini blog saya ( zaywaspenda.blogspot.com) akan membahas tema persiapan tahun ajaran baru. Sebuah tema yang pastinya menjadi pembelajaran bagi saya yang membuatnya. Dalam topik ini akan dibahas;
  • Bagaimana menjadi guru yang tertib administrasi dan disiplin
  • Bagaimana menyiapkan kelas sebagai kelas yang menyenangkan untuk dipakai belajar dan mengajar dari segi psikis dan fisik
  • Hal-hal apa saja yang bisa membuat siswa senang belajar dan bisa menyatu dengan anda sebagai guru dan bisa berteman dengan rekan satu kelasnya.
  • Bagaimana agar guru dapat berkomunikasi dengan baik dan bijak, baik: guru dengan guru, guru dengan murid, guru dengan orangtua dan guru dengan atasan.
Saya berharap topik bulan ini bisa membantu semua pendidik agar bisa menjadi pendidik yang senang mencoba hal yang baru dan terhindar dari cap guru yang hanya menganggap berlangsungnya tahun ajara baru sebagai rutinitas.
Selamat menikmati

Beberapa kesalahan yang dilakukan guru saat di awal tahun ajaran baru

28 AGUSTUS 2012
Di tahun ajaran baru adalah saat yang tepat untuk menjadi sesorang yang bersemangat. Ada guru yang semangat karena akan bertemu dengan muridnya yang sama sekali baru atau murid yang bersemangat karena akan bertemu dengan teman baru atau teman yang lama tidak bertemu karena liburan. Saking antusiasnya guru menjadi lalai dalam meneguhkan sendi-sendi yang penting dalam membuat satu tahun ajaran menjadi tahun ajaran yang sukses dan bermakna. Sukses yang saya maksud adalah kelas menjadi tempat dimana guru dan siswa menjadi dua individu yang bahu membahu dalam membuat suasana menjadi kondusif untuk digunakan sebagai tempat belajar mengajar.
Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan guru di saat tahun ajaran baru.
- Langsung mengajar dan memberikan materi padahal murid masih belum siap menerima pembelajaran
Jika guru memilih untuk langsung memberikan materi pelajaran pada siswa di hari-hari pertama berarti ia melupakan bahwa di minggu pertama baik siswa dan guru ada dalam tahap penjajakan satu sama lain.
- Melupakan sikap tubuh dan cara bersikap di minggu pertama. Bagaimana cara guru menyapa muridnya sangat berpengaruh pada pola hubungan antara keduanya. Sapalah murid di pintu kelas semenjak di hari pertama dan seterusnya. Tampilkan sikap tubuh dan bahasa lisan yang positif sambil terus keduanya dijadikan kebiasaan yang baik selama satu tahun ajaran.
- Melewatkan kesempatan emas untuk membangun ‘budaya’ di kelas. Membangun budaya erat kaitannya dengan membangun kebiasaan yang baik. Kebiasaan yang baik di kelas bisa meliputi menghargai orang yang sedang bicara, memanggil dengan sebutan yang baik, menjaga volume suara selama di dalam kelas sampai kebiasaan untuk selalu menghasilkan yang terbaik dan tepat waktu.
- Enggan mencari dukungan professional yang siap membantu kapan saja jika dibutuhkan. Jaman sebelum ada blog, twitter dan facebook guru senior jadi andalan dalam mencari pengetahuan. Sekarang tinggal klik anda bisa tanya hal apa saja di twitter pada sesama guru. Saat yang sama jika anda punya facebook dan tergabung pada salah satu komunitas guru anda bisa ikut diskusi dan bertanya mengenai isu terkini dalam dunia pendidikan tapi ingat anda harus hati-hati jangan sampai tersangkut undang-udang IT jangan suudzon (buruk sangka). semoga anda anda menjadi guru yang profesional dan kreatif sehingga menjadi agen perubahan bangsa indonesia tercinta ini.

No comments

H Zaenudin, M.Pd. Powered by Blogger.